Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dengan MindMap

Mengajarkan Pendidikan tentang Lingkungan Hidup diperlukan kreativitas yang tinggi sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan jenuh. Penulis mencoba merancang suatu pembelajaran yang menggabungkan beberapa konsep kegiatan yang membuat peserta didik tidak merasa jenuh dan menjadi tertantang untuk berkompetisi antar kelompok. Pembelajaran tersebut menggabungkan konsep Investigasi, Seni/Kreativitas, Kemampuan berkomunikasi, dan kerjasama Tim/Kelompok.


Secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:
Pokok Bahasan : Pemanasan Global
Kelas Program : XII IPA
Waktu: 4X 45 menit
Indikator : (1) Mampu menjelaskan proses Green House Effect (2) Mampu mengidentifikasi tanda-tanda terjadinya Global Warming (3) Mampu menjelaskan akibat yang terjadi dari proses global warming (4) Mampu menuangkan ide dalam bentuk Mind Map (5)  Mampu mengkomunikasikan hasil kerja kelompok kepada kelompok lain (6) Mampu menjelaskan dan memberi contoh tindakan-tindakan individu ataupun komunitas yang dapat mengurangi global warming.



Langkah kegiatan:
A. Guru menjelaskan rencana kegiatan, membentuk kelompok, dan menugaskan setiap kelompok untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Global Warming diberi waktu 1 minggu.dan menuangkan hasilnya dalam bentuk mind map.
B.Bertemuan berikutnya presentasi kelompok dengan format Pameran. Setiap kelompok membuat stand dan menempelkan mindmap-nya di dinding di dalam kelas. Dari setiap kelompok satu orang anggota ditugaskan menjaga stand dan diwajibkan dapat menjelaskan apa yang dituangkan dalam mindmap. Anggota yang laing bertugas mengunjungi stand kelompok lain dan mencari informasi untuk penilaian antar kelompok.Waktu dibatasi misal 45menit.
C.Diskusi kelompok membahas temuan informasi yang diperoleh dari stand kelompok lain, dan memberikan penilaian yang meliputi : kejelasan materi, bentuk mindmap, dan penguasaan materi dari masing-masing kelompok. Diskusi kelas dan penilaian: Guru memimpin diskusi kelas dan memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk mengomentari kelompok lain. kemudian guru mengumpulkan penilaian dari masing-masing kelompok dan memberikan peringkat. Terakhir guru mengumumkan yang memperoleh peringkat tertinggi dan menutup kegiatan dengan kuis ataupun refleksi seluruh kegiatan.



Berikut beberapa hasil MidMap yang dibuat peserta didik






Suasana pembelajaran:










Komentar